March 24, 2021 By tolkay.org 0

Jenis Kartu dan Undangan

Ada banyak jenis undangan di luar sana dan bahkan saya bingung membicarakannya dengan orang lain karena penjual yang berbeda dapat memanggil jenis barang yang sama dengan nama yang berbeda. Ide artikel ini adalah untuk menjelaskan berbagai jenis dan di mana nama-nama tersebut mungkin tumpang tindih.

‘Typical Card’ atau kartu lipat
Ini adalah jenis kartu yang paling umum karena kebanyakan kartu ucapan yang dijual adalah jenis kartu ini. Versi kualitas yang lebih tinggi akan memiliki sisipan kertas yang dilampirkan di bagian dalam undangan untuk teks atau pesan apa pun yang akan ditampilkan. Mereka dapat dilipat di samping atau di atas dan tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk.

Gatefold
Dinamakan demikian karena dari depan kartu terlihat seperti gerbang ganda, terkadang ini disebut kartu berpagar ganda. Penutup depan terbuka dari tengah menjadi dua sisi yang terpisah. Teks undangan biasanya akan berada di permukaan yang menghadap di belakang sampul depan. Beberapa dari tempat cetak undangan murah jakarta ini menggunakan pita agar tetap tertutup.

Trifold
Dinamakan untuk jumlah bagian kartu Trifold adalah salah satu kartu panjang dengan dua lipatan di dalamnya, ini diberi jarak kira-kira bagian yang sama untuk membuat tiga bagian yang kira-kira sama. Ini sangat mirip dengan kartu Z tetapi perbedaannya terletak pada cara melipat dan mencetaknya. Kartu lipat tiga memiliki cetakan atau hiasan di kedua sisi, satu sisi undangan untuk teks undangan dan sisanya untuk informasi lainnya.

Bifold
Ini sangat mirip dengan kartu ucapan pada umumnya. Di Artemis Stationery, perbedaan antara Bifold Invitation kami dan sapaan biasa adalah bahwa bagian dalam juga dicetak dengan panel kartu yang direkatkan ke samping. Artinya desain dan dekorasi bisa dilakukan melalui bagian dalam yang di undang.

Pocket fold
Jenis kartu yang sangat populer, sehingga beberapa alat tulis pernikahan hanya menyediakan jenis ini. Bisa mirip dengan kartu tradisional dari luar tetapi di dalam di bagian belakang adalah kompartemen untuk menyimpan sisipan kartu yang dapat dilepas. Ini biasanya akan diatur sedemikian rupa sehingga bagian atas setiap sisipan dapat dilihat. Ini adalah cara yang baik untuk memberikan banyak informasi dalam satu paket yang rapi. Teks mungkin ada di halaman internal yang menghadap lainnya. Beberapa dibuat untuk dipajang sebagai kartu tradisional dan dilipat di samping. Yang lain dilipat di bagian atas atau bawah, beberapa di antaranya memiliki bagian ekstra yang lebih pendek dari sisi lain yang menarik dari depan.

Mounted
Jenis kartu sederhana di mana satu bagian kartu yang dicetak atau dihias dipasang pada kartu lain yang sedikit lebih besar yang menciptakan efek perbatasan.

Gulungan
Biasanya terbuat dari kertas dan bukan kartu, gulungan paling sederhana adalah selembar kertas dengan undangan tercetak. Kemudian digulung dan ditahan dengan pengikat, biasanya pita. Kelemahan dari undangan ini adalah bahwa untuk memposting di Inggris meskipun Anda bisa mendapatkan kotak posting khusus untuk mereka, kedalamannya berarti mereka diklasifikasikan sebagai parsel daripada surat atau surat besar.

Kartu Pos Pada
dasarnya undangannya adalah kartu pos atau mungkin kartu pos seukuran kartu pos yang dikirim dalam amplop. Juga banyak digunakan sebagai Simpan Tanggal karena biasanya biaya rendah yang lebih sederhana dari semua jenis undangan.

Kartu lipat
Jenis undangan ini biasanya tidak memiliki sampul depan. Teks undangan ada di dalam kartu dan ditutupi oleh sisi kartu yang terlipat di atasnya. Yang paling umum adalah versi 4 dan 6 sisi, yang terakhir kadang-kadang disebut sebagai undangan kelopak bunga. Kadang-kadang sisi saling mengunci untuk menahan diri, versi lain menggunakan pita untuk menahan sisi tertutup sampai terbuka.

Potongan Laser
Deskripsi ini adalah teknik, bukan jenis kartu. Kartu potong laser dibuat dengan menggunakan laser untuk memotong pola kartu dengan tepat. Ini berkisar dari kartu tradisional dengan potongan-potongan yang dipotong dari sampul depan hingga kartu multi-lapis yang sangat berornamen di mana desain dibangun di atas banyak lapisan.

Kartu lipat Z
Jenis ini terbuat dari selembar kartu yang panjang, yang bila dibuka semua cetakan / pola pada sisinya terlihat dan, dengan dua lipatan, mungkin tampak mirip dengan kartu Trifold. Secara tradisional, kartu lipat Z dilipat lebih seperti konserina yang memberi Anda sampul depan dan kemudian dua halaman internal seperti di atas terlihat seperti huruf Z. Beberapa bisnis akan mengklasifikasikan undangan dengan tiga bagian sebagai lipatan Z. Salah satu contohnya memiliki bagian depan yang lebih kecil hanya untuk memberikan beberapa tumpang tindih dari dua bagian lainnya saat ditutup.

Dompet (juga dikenal sebagai saku)
Undangan dompet biasanya dicetak ke kartu kaku dan kemudian dimasukkan ke dalam dompet atau saku yang biasanya terbuka dari atas. Biasanya dompet akan dirancang agar undangan dapat dengan mudah dikeluarkan.

Buklet yang diikat pita
Beberapa halaman biasanya kartu kadang-kadang kartu berwarna dengan bagian tercetak yang ditempelkan padanya. Halaman-halaman tersebut digabungkan bersama oleh pita biasanya di sudut kiri atas.

Baca Juga: 9 Pengaruh Gadget Modern terhadap Perkembangan Anak