March 11, 2021 By tolkay.org 0

Panduan Pemula untuk Membeli Komputer Baru

Dengan semua orang yang sangat bergantung pada komputer untuk melakukan semua jenis tugas seperti, mengedit video, membuat gambar, desain rumah, penyimpanan data, mengirim email, media sosial, konferensi atau bahkan hanya mengobrol dengan teman di belahan dunia lain, itu penting untuk mengetahui jenis komputer dan aksesori yang Anda perlukan sebelum melakukan pembelian.

Banyak dari kita yang tidak terlalu yakin harus mulai dari mana, ketika harus membeli PC baru. Kita bergantung pada apa yang dikatakan orang lain kepada kita atau pada apa yang dikatakan oleh staf penjualan komputer kepada kita.

Artikel ini memberi Anda beberapa tip bermanfaat tentang membeli PC dan aksesori yang akan memenuhi kebutuhan Anda dan membantu mencegah Anda menjadi korban dari staf penjualan yang memaksa.

Salah informasi

Dengan tidak mengetahui apa persyaratan komputer Anda dan apa yang harus Anda beli, menempatkan Anda pada posisi yang kurang menguntungkan dan pada belas kasihan beberapa penjual yang hanya ingin melakukan penjualan, terlepas dari apakah itu memenuhi kebutuhan Anda atau tidak. Oleh karena itu, karena tidak ada yang lebih bijaksana kita cenderung menerima apa yang diberitahukan kepada kita sebagai Injil, hanya untuk mengetahui kemudian bahwa kita telah salah informasi.

Biaya Tambahan

Anda mendengar cerita tentang orang-orang yang baru saja membeli komputer berdasarkan perkataan seseorang, hanya untuk mengetahui di kemudian hari bahwa mereka perlu membeli sesuatu yang ekstra. Misalnya, program uji coba perangkat lunak yang disertakan dengan PC perlu dibeli karena versi jejak telah kedaluwarsa.

Versi uji coba biasanya berlangsung selama 60 hari, setelah itu Anda perlu membeli lisensi untuk terus menggunakannya. Sebagian besar pembeli PC pertama tidak diberi tahu bahwa mereka perlu membeli lisensi perangkat lunak saat uji coba habis. Perangkat lunak uji coba MS Office dan Antivirus biasanya merupakan dua program utama yang sudah diinstal pada PC baru.

Sebagai catatan tambahan, Anda dapat menghemat uang dengan mengunduh program mirip MS Office gratis seperti OpenOffice yang melakukan semua yang dilakukan MS Office dan mengunduh program antivirus gratis, seperti AVG.

Saya menganjurkan agar Anda membeli versi eceran dari program antivirus yang menyertakan firewall. Firewall membantu melindungi komputer Anda dari peretas dan program yang mencoba mendapatkan akses ke komputer Anda saat tersambung ke internet. Firewall bertindak seperti pagar keamanan.

Daftar Periksa

1) Catat apa yang ingin Anda lakukan dengan komputer terbaru Anda, misalnya, menjelajah internet, mengirim email, mengobrol dengan dan melihat video langsung dari keluarga dan teman jauh, mengetik surat, memutar video buatan sendiri, memutar musik, mencetak foto, dll.

2) Mintalah keluarga atau teman untuk melihat apakah ada yang dapat merekomendasikan toko komputer yang bagus atau merek PC yang bagus yang telah mereka gunakan secara pribadi dan telah dijalankan dengan baik.

3) Jika Anda memiliki teman yang paham komputer, minta mereka menemani Anda untuk membantu pembelian PC Anda.

4) Luangkan waktu Anda; uang Anda yang Anda belanjakan. Ajukan banyak pertanyaan. Jangan biarkan penjual menjual apa yang mereka inginkan, tetapi belilah apa yang Anda inginkan sesuai dengan daftar periksa Anda. Dapatkan mereka untuk menjawab pertanyaan Anda dalam bahasa non-teknis.

Bersikaplah tegas tetapi sopan. Jika seorang penjual tidak mau meluangkan waktu untuk menjelaskan berbagai hal kepada Anda dan menjawab pertanyaan Anda, maka cari penjual atau toko lain yang akan melakukannya.

5) Tanyakan berapa harga terbaik dan tambahan apa yang mereka siap berikan.

Pilihan

Kriteria pemilihan Anda akan didasarkan pada hal-hal berikut ini.

Merek berkualitas, yang terkenal dan sudah ada sejak lama misalnya Asus, Dell, HP atau merek rakitan lokal yang terkenal.

Persyaratan minimum yang saya rekomendasikan untuk PC untuk penggunaan dasar berdasarkan teknologi saat ini adalah sebagai berikut.

Intel I 5 2,3X GHz atau I 7 2,8X GHz CPU (Kecepatan prosesor)
Hard Drive 750GB (Jumlah penyimpanan internal)
Ram 4GB (Jumlah memori)
Kartu Grafis 1GB Ram
Combo CD / DVD / Blue Ray Burner Speaker
Keyboard / Mouse Port Ethernet Bluetooth Port USB (minimal 6) PC Monitor LCD 20 ” Sistem Operasi Windows 7 Perangkat Lunak Antivirus Lisensi 1 tahun (jika memungkinkan)

Yang memiliki garansi 1 sampai 3 tahun, sebaiknya 3 tahun. Jika tidak terlalu mahal, belilah perpanjangan garansi jika PC hanya dilengkapi dengan garansi 1 tahun. Periksa apa saja yang tercakup dalam garansi dan apakah disertai dengan garansi di tempat atau kembali ke garansi dasar.

Garansi di tempat adalah tempat teknisi servis datang ke rumah Anda untuk memperbaiki komputer Anda. Ini menghilangkan kerumitan karena harus memutuskan koneksi sistem komputer Anda, dan membawanya ke pusat layanan untuk diservis. Meskipun lebih nyaman bagi Anda untuk memiliki garansi di tempat, itu tidak penting, selama Anda memiliki semacam sampul garansi.

Periksa apakah perbaikan komputer dilakukan secara lokal atau apakah komputer harus dikirim. Jika harus dikirim, tanyakan berapa waktu penyelesaian perbaikan biasanya.

Jauh lebih baik untuk membeli komputer yang memiliki pusat layanan lokal, karena waktu penyelesaian perbaikan harus jauh lebih singkat. Ini juga memiliki keuntungan karena Anda dapat menangani pusat layanan secara pribadi jika Anda memiliki masalah, dibandingkan berurusan dengan pusat panggilan melalui telepon di bagian lain negara atau di luar negeri.

Baca Juga: Metode Membuat Laporan Magang, Struktur, serta Contoh Laporan Magang

Ekstra

Jika Anda ingin mengirim email, mengobrol dan melihat keluarga melalui internet atau mencetak surat, maka Anda perlu membeli perangkat keras tambahan, seperti kamera web, printer inkjet atau laser, modem broadband dan paket broadband untuk internet menggunakan.

Kamera web tidak mahal, jadi belilah yang berkualitas baik. Printer inkjet atau laser tingkat pemula yang baik saat ini juga tidak mahal, tetapi satu hal penting yang harus diketahui sebelum Anda membeli printer adalah biaya bahan habis pakai yaitu kartrid tinta untuk printer inkjet dan kartrid laser dan drum untuk laser. pencetak. Tanyakan juga, mengenai berapa biaya rata-rata per halaman untuk pencetakan hitam dan pencetakan berwarna karena beberapa bahan habis pakai printer tidak hemat biaya untuk digunakan.

Mempersiapkan

Jika Anda tidak memiliki siapa pun untuk membantu Anda menyiapkan komputer baru, Anda harus meminta teknisi PC untuk menelepon dan menyiapkan komputer, printer, email, dan broadband Anda. Namun, sebelum Anda melakukan ini, tanyakan sekitar untuk mendapatkan harga terbaik dan lihat apakah mereka dapat memberi Anda perkiraan waktu dan biaya yang diperlukan.